<meta name='google-adsense-platform-account' content='ca-host-pub-1556223355139109'/> <meta name='google-adsense-platform-domain' content='blogspot.com'/> </head><body>
1 comments | Senin, 30 Juli 2012

Pernah merasakan kesemutan kan...??
berikut ada sedikit informasi yang kami coba rangkum untuk anda.


Nah berikut contohnya,
Apabila naik motor sebentar tangan rasa kebal kesemutan!
kejadian kesemutan sering frekwensinya pada saat aktifitas maupun tidak,!

Jawaban 1
nah.. ptanyaannya apakah ibu sendiri yg mengendarai motor? seberapa sering.. tangan kanan/tangan kiri/ato ke2nya?? apakah tangan yg sering kesemutan sering dpakai mencuci, menulis, mengetik, ato sebagainya?? cuman mo coba jawab dulu..
Kesemutan terutama disebabkan oleh gangguan dari jaringan saraf.. belum tentu karena darah tinggi ato diabetes (bisa kesemutan tapi sudah komplikasi) untuk mengetahui tekanan darah, cobalah dengan mengukur tekanan darah (dengan sphymomanometer) biasanya dapat mengetahui apakah ibu terkena penyakit darah tinggi (hipertensi) atau tidak, ato untuk screening Diabetes mellitus, ibu bisa periksa kadar gula darah (terutama di daerah Monas ato Senayan dimana disana banyak para mahasiswa kedokteran melakukan periksa tekanan darah dan screening Kadar Gula Darah yang cukup akurat, bila beruntung, ibu bisa berkonsultasi kecil-kecilan dengan kami di sana)..
Namun, menurut saya, apabila tangan tersebut sering dipakai untuk aktivitas, dan pergelangan ato telapak tangan sering tertekan (cth: menyandar ke permukaan yg keras) dalam waktu yang lama dan sering.. kemungkinan besar ibu terkena MetaCarpal Tunnel Syndrome (MTS). Jadi, pada pergelangan tangan ada saraf yang berjalan dan melewati suatu rongga yang mempersarafi ujung2 jari tangan.. nah, bila terlalu sering ditekan dapat menimbulkan bengkak, namun diperparah dengan terbatasnya rongga pada pergelangan tangan sehingga tangan dirasakan nyeri atau kesemutan.. untuk pencegahan, coba dipergelangan tangan diberi bantalan karet, sehingga tidak terlalu keras menekan.. namun bila gejala timbul, terapi ada dengan pengobatan dengan tujuan menghilangkan nyeri dengan cara mengurangi pembengkakan, namun nyeri dapat berulang.. dapat juga dengan operasi dengan tujuan memperlebar rongga di tangan tersebut.. untuk lebih lanjut, ibu dapat konsul pada Dr. Spesialis Saraf (Neurologi) moga2 bermanfaat..
materi referensi:
Kuliah



Jawaban 2
Penyebabnya adalah terganggunya bagian saraf tepi. Misalnya, gangguan pada fungsi pengatur indera perasa, akibat saraf mengalami tekanan (misalnya duduk terlalu lama). Bisa juga karena saraf terjepit (karena pengapuran pada tulang belakang). Atau saraf robek/putus akibat kecelakaan.


Sering pula terjadi rusaknya saraf tersebut karena gangguan pada pembuluh darah (misalnya pada penderita diabetes), konsumsi minuman beralkohol, merokok. Selain itu, kekurangan nutrisi, khususnya vitamin-vitamin neurotropik juga mengambil peran cukup penting yang tidak boleh diabaikan.

Apalagi, kesemutan ini juga dapat menjadi gejala penyakit lain yang lebih serius, seperti kolesterol tinggi dan kecing manis (diabetes mellitus). Jenis penyakit lain yang fungsi saraf adalah bell's palsy, tortikolis, frozen shoulder, dan carpal tunnel syndrome.


Solusinya adalah dengan mencukupi kebutuhan vitamin-vitamin neurotropik, konsumsilah vitamin B1, B6 dan B12. Vitamin ini penting untuk menjaga kesehatan jaringan saraf.

Vitamin B1 misalnya, penting untuk metabolisme karbohidrat, serta penyediaan energi untuk saraf. Sedangkan vitamin B6 untuk metabolisme protein dan memelihara fungsi normal saraf. Sementara B12 penting untuk sintesa asam nukleat dan menjaga integritas jaringan saraf. Untuk mengatasi nyeri, kombinasikan dengan analgesik yang berfungsi sebagai anti radang.



Jawaban 3
Pada dasarnya kesemutan merupakan suatu gejala manifestasi dari gangguan sistem saraf sensorik akibat rangsang listrik di sistem itu tidak tersalur secara penuh dengan sebab macam-macam. Yang paling sederhana, misalnya, jalan darah tertutup akibat satu bagian tubuh tertentu ditekuk terlalu lama. Pada orang sensitif, tidur miring terlalu lama saja dapat menyebabkan kesemutan. Juga duduk dengan siku ditekuk.


kalau darah tinggi, yang pasti dari pengukuran tekanan darah dapat diketahuinya. bukan karena gejala kesemutan.
perlu diingat,, JANGAN SEPELEKAN GEJALA KESEMUTAN,,,

saya mau tanya nih,, apakah ibu memiliki riwayat diabetes mellitus?itu jika belum tau,, ibu bisa periksakan,
gejala kesemutan yang patologi/karna penyakit biasa terjadi karna komplikasi dari diabetes mellitus.

selain itu dapat terjadi karena kekurangan vitamin.kekurangan vitamin B1, timbullah neuropati. Tentu saja, karena vitamin ini salah satu unsur yang diperlukan untuk penghantaran rangsang listrik pada saraf. Dalam hal ini neuropati terjadi bukan karena tekanan, tetapi karena fungsi saraf terganggu, maka gejala kesemutan akan dirasakan.

atau,, coba diperiksakan ke dokter ahli vasculer (pembuluh darah), biasanya akan dilakukan test diagnostik doppler vasculer,, apakah terdapat sumbatan pembuluh darah yang memperdarahi tangan ibu.

atau kemungkinan ibu mengalami ketidakseimbangan elektrolit yang mempengaruhi daripada metabolisme saraf tepi.

nah ,, kesimpulannya,, ibu semestinya chek up status kesehatan ibu terlebih dahulu, jika diketahui penyebabnya, maka penanganannya akan tepat.

Label:

1 Comments:

Anonymous Anonim said...

ok makash

19 Juli 2013 pukul 22.33

 

Posting Komentar

<< Home